Kegiatan Rutin Yasinan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang


20 September 2018 Administrator 0

Aceh Tamiang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang. Kamis [20/9] melaksanakan kegiatan rutin Yasinan di mushola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang.  Kegiatan tersebut di pimpin oleh Ustad Muhammad Nasir untuk mengisi tausiah singkat kepada pera staf pegawai Dinas Pendidikan dan Kebuayaan.

Dalam tausiah singkat Yasinan tersebut, ustad menjelaskan tentang "Bulan Muharam, bulan ini merupakan salah satu bulan yang paling mulia selain bulan Ramadhan, yang pada hari ini Kamis, 20 September 2018 bertepatan 10 Muharam 1440 Hijriah, umat muslim di sunahkan untuk berpuasa Asyura, yang waktunya adalah dari malam Kamis, 20 september sampai malam jum'at. Puasa Asyura ini memiliki beberapa keutamaan besar, yang salah satunya menghapus semua dosa kecil 1 tahun, selain dosa besar dan syirik kepada Allah S.W.T.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu'anhu, bahwa ketika Nabi melaksanakan Puasa Asyura dan beliua perintahkan para sahabat untuk melakukan puasa di hari itu, ada beberapa sahabat mengatakan "Wahai Rasulullah, sesungguhnya tanggal 10 Muharam itu hari yang di agungkan orang yahudi dan nasrani."  Lalu Nabi Shallallahu'alaihi wa salam bersabda "Jika datang tahun depan Insya Allah kita akan puasa tanggal 9 muharam" Ibnu Abbas melanjutkan "Namun belum sampai menjumpai 10 Muharam tahun depan Rasulullah sudah wafat." (HR. MUSLIM no 1916).


Komentar
Komentar anda akan tampil setelah disetujui pengelola web

Tuliskan Komentar